Penerapan Pembelajaran Jigsaw Terintegrasi PBL (Problem Based Learning) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum Universitas Negeri Malang
Main Author: | Cahyati, Dede |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education)
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/440 https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/440/418 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Jigsaw terintegrasi PBL (Problem Based Learning) berbasis Lesson Study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa program studi Biologi pada mata kuliah Biologi Umum Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam setiap pertemuan dilakukan Lesson Study yang meliputi tahapan plan, do, dan see. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksaaan LS yang terdiri dari lembar observasi tahap plan, do, dan see, lembar keterlaksanaan pembelajaran Jigsaw terintegrasi PBL, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal tes akhir siklus. Data hasil observasi dianalisis dengan menghitung rerata persentase dan menentukan persentase keterlaksanaan secara klasikal, sedangkan data hasil belajar mahasiswa dianalisis dengan menghitung skor yang diperoleh dari tes akhir siklus kemudian menentukan nilai berdasarkan pedoman penilaian dari Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal persentase keterlaksanaan pembelajaran tidak mengalami peningkatan karena siklus I dan siklus II sudah terlaksana 100%. Hasil aktivitas belajar mahasiswa menunjukkan bahwa secara klasikal persentase ketercapaian pada siklus I adalah 88,52 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,62%, atau mengalami peningkatan 6,1%.Hasil belajar kognitif mahasiswa menunjukkan peningkatan dengan banyaknya mahasiswa yang memperoleh nilai A, pada siklus I hanya 1 orang meningkat di siklus II menjadi 5 orang. Mahasiswa yang memperoleh nilai A- pada siklus I hanya 1 orang meningkat di siklus II menjadi 8 orang. Pada siklus I masih terdapat mahasiswa yang memperoleh nilai B- sebanyak 5 orang dan nilai C+ sebanyak 6 orang, namun di siklus II sudah tidak ada lagi mahasiswa yang mendapat nilai B- dan C+. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Jigsaw terintegrasi PBL melalui Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa.Kata Kunci: Jigsaw terintegrasi PBL, lesson study, aktivitas belajar, hasil belajar