Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X Pada Materi Invertebrata
Main Author: | gaffar, aden arif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education)
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/436 https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/436/413 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan skala sikap ilmiah siswa melalui pembelajaran berbasis praktikum virtual, dan mengungkap taggapan siswa terhadap pembelajaran invertebrata berbasis praktikum virtual. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan desain Static Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X4 dan X3 SMAN 1 Terisi Kabupaten Indramayu. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas X4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X3 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan Pembelajaran berbasis praktikum virtual pada kelas eksperimen dan praktikum verivikasi pada kelas kontrol. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah pembelajaran berbasis praktikum virtual dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan praktikum verivikasi. (nilai sig-2 tailed= 0,001<α ((0,05)). peningkatan sikap ilmiahtergolong kategori sedang untuk kelas eksperimen (N-Gain X-4= 0,31), kategori rendah kelas kontrol (N-GainX-3=0,20), Program praktikum virtual ini bukan sebagai pengganti laboratorium nyata, tetapi sebagai pelangkap bagi pembelajaran dengan materi yang cukup sulit terealisasi pada praktikum verivikasi biasa. Kata kunci : Praktikum virtual, Sikap Ilmiah Siswa.