PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE DECISION MAKING PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI

Main Author: Suryaningsih, Yeni; Universitas Majalengka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) , 2019
Online Access: https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1407
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1407/1271
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui Model Cooperative Learning Tipe Decision Making pada siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah PUI Maja, Kabupaten Majalengka. Decision Making (pengambilan keputusan) bertujuan untuk memperoleh informasi atau pengetahuan yang dilandasi oleh pertimbangan secara nalar dan penilaian, serta tindakan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA yang berjumlah 39 orang. Jenis penelitian adalah penelitian Experimental. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, LKS untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol) dan alat pengumpul data (pretest dan posttest pada keterampilan berpikir kritis, angket sikap siswa dan lembar observasi guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model coopertive learning Tipe decision making dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui uji Mann Whitney dengan hasil 0,000<0,05 yang artinya bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas ekperimen dan kontrol. Dengan demikian adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa MA melalui penerapan model cooperative learning tipe decision making pada konsep sistem reproduksi. Kata kunci: Model Cooperative Learning Tipe Decision Making, Kemampuan Berpikir Kritis.