PENGARUH PENERAPAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI SMPN 2 MANONJAYA TASIKMALAYA

Main Authors: Nuryadin, Egi; Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Kamil, Popo Musthafa; Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Firmansyah, Hilman; Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: BIO EDUCATIO , 2018
Online Access: https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1105
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1105/1010
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas VIII SMP N 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Manonjaya, sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 148 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa tes hasil belajar berjumlah 32 butir soal yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pengujian hipotesis didapatkan nilai t­hitung = -5,69 dan ttabel =2,04. Maka thitung terletak di daerah penolakan Ho, hal tersebut menunjukan bahwa adanya pengaruh penerapan media macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP N 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media macromedia flash memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas VIII SMP N 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019.Kata kunci : media macromedia flash, hasil belajar, sistem pencernaan makanan pada manusia