PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2018/2019)

Main Authors: Nuryadin, Egi; Universitas Siliwangi, Badru Tamam, Muhammad Zulfi; Universitas Siliwangi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: BIO EDUCATIO , 2018
Online Access: https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1079
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1079/991
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/downloadSuppFile/1079/72
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Prezi jika diterapkan pada proses pembelajaran mengenai materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 sampai dengan bulan Agustus 2018 di kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya sebanyak 9 kelas, dengan jumlah 273 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan adalah teknik tes hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia. Tes tertulis ini berupa pilihan ganda dengan empat option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pengujian hipotesis didapatkan nilai t­hitung = -20,48 dan ttabel =2,04. Maka thitung terletak di daerah penolakan Ho, hal tersebut menunjukan bahwa ada pengaruh hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan media prezi pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci : media pembelajaran prezi, hasil belajar, sistem pencernaan manusia