PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) (Studi pada Karyawan Hotel Bintang Empat di Semarang)
Main Authors: | Aryaningtyas, Aurilia Triani, Maria Th, Aletta Dewi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM STIE Muhammadiah Bandung
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/163 http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/163/70 |
Daftar Isi:
- This study examined job satisfaction in mediating the influence of job involvement and perceived organizational support for organizational citizenship behavior (OCB), using a quantitative approach through a survey instrument for 188 four-star hotel employees in Semarang. The results showed job involvement and perceived organizational support positively and significantly affected OCB through job satisfaction. Theoretical implications of the results of the study support both existing theory and research, while managerial implications suggest for organizations (the hospitality industry) to consider job involvement and perceived organizational support as important factors to improve employee satisfaction in order to increase the OCB.
- Penelitian ini menguji kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh keterlibatan kerja dan persepsi dukungan organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB), menggunakan pendekatan kuantitatif melalui instrumen survei terhadap 188 karyawan hotel bintang empat di Semarang. Hasil menunjukkan keterlibatan kerja dan persepsi dukungan organisasional secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap OCB melalui kepuasan kerja. Implikasi teoritis atas hasil penelitian mendukung teori maupun penelitian yang sudah ada, sedangkan implikasi manajerial menyarankan pada organisasi (industri perhotelan) untuk mempertimbangkan keterlibatan kerja dan persepsi dukungan organisasional sebagai faktor yang cukup penting untuk meningkatkan kepuasan karyawan sehingga dapat meningkatkan kepuasan karyawan sehingga dapat meningkatkan OCB.