PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS GNT (GUIDED NOTE TAKING) PADA MATERI INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG
Main Author: | LARASATI KUSUMA PUTRI, NIM. 342015027 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7642/1/342015027_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7642/2/342015027_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7642/ |
Daftar Isi:
- Putri, Larasati Kusuma. 2019. Pengembangan Handout Berbasis GNT (Guided Note Taking) pada Materi Invertebrata untuk Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Nizkon, M.Si. (II) Hj. Ade Kartika, S.Pd., M.Si. Kata kunci: handout, guided note taking (GNT), invertebrata Berdasarkan hasil pengisian kuisioner didapatkan data materi Animalia khususnya Invertebrata dipilih sebagai materi tersulit sehingga diperlukan bahan ajar dengan isinya yang ringkas namun komprehensif berupa Handout yang dimodifikasi dengan menggunakan metode GNT. Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui karakteristik dari pengembangan Handout berbasis GNT, (2) Mengetahui kelayakan pengembangan Handout berbasis GNT, (3) Mengetahui kepraktisan pengembangan Handout berbasis GNT. Jenis penelitian ini adalah Development Research dengan menggunakan model pengembangan Tessmer. Hasil penelitian: (1) Karakteristik dari pengembangan Handout sudah sesuai dengan karakteristik standar penulisan handout menurut Hernawan, Permasih, & Dewi, namun handout ini berbeda karena dikembangkan berbasis dengan metode pembelajaran GNT sesuai dengan Melvin, sehingga menjadikan handout ini berbeda dengan handout pada umumnya. (2) Kelayakan Handout berbasis GNT berdasarkan validasi oleh ahli materi diperoleh nilai 54 48 kategori sangat layak, ahli bahan ajar diperoleh nilai 36 36 kategori layak, ahli bahasa diperoleh nilai 27 24 kategori sangat layak, dan ahli praktisi pendidikan oleh 2 orang validator yakni validator 1 diperoleh nilai 54 48 sedangkan validator 2 diperoleh nilai 53 48 kategori sangat layak, (3) Kepraktisan Handout berbasis GNT berdasarkan respon angket peserta didik pada tahap one to one diperoleh nilai 48 42 kategori sangat praktis dan pada tahap small group diperoleh nilai 48,4 42 kategori sangat praktis untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.