PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDEDDISCOVERYLEARNINGPADA MATERI LUAS PERMUKAAN TABUNG DI KELAS IX SMP
Main Author: | Leny Muliarsih, 33201025 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6925/1/332015025_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6925/2/332015025_BAB%20II_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6925/ |
Daftar Isi:
- Muliarsih, Leny. 2020.Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS)Berbasis Guided DiscoveryLearning Pada Materi Luas Permukaan Tabung Di Kelas IX SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang : (I) Dr. H. Rusdy A. Siroj, M.Pd. (II) Heru, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, LKS, Guided Discovery Learning Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa LKS berbasis Guided Discovery Learningmateri luas permukaan tabung kelas IX SMP untuk melihat efek potensial dari penggunaan LKS yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Development Research). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model plomp yang dikembangkan oleh Tjeerd Plomp yang terdiri dari tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), tahap prototipe (prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Subjek dalam penelitan ini adalah peserta didik kelas IX.A SMP Muhammadiyah 1 Palembang yang berjumlah 32 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bawa LKS yang dikembangkan valid dan praktis. kevalidan terlihat dari hasil penilaian para ahli (materi, media/tampilan, dan bahasa) dan pada hasil saran serta komentar dari peserta didik pada LKS yang dikembangkan pada tahap one to one. kepraktisan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada small groupterhadap LKS matematika yang dikembangkan. berdasarkan data hasil analisis angket peserta didik pada tahap small group, LKS matematika berbasis guided discovery learningmendapatkan persetase 93,33% dan dapat dikategorikan bahwa LKS matematika yang dikembangkan praktis. Efek potensial dilihat dari hasil tes kemampuan akhir peserta didik. Dari hasil analisis yang telah dilakukan bahwa rata – rata nilai akhir peserta didik yaitu 80,96 yang berarti hasil belajar peserta didik tergolog ketegori sangat baik sekali, maka dapat disimpulkan bahwa LKS matematika siswa berbasis guided discovery learningyang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.