PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NIVEA DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
Main Author: | NING TYAS OCKTAVIANI, NIM. 212016062 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6772/1/212016062_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6772/2/212016062_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6772/ |
Daftar Isi:
- Ning Tyas Ocktaviani/212016062/2020/Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nivea Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang/Manajemen Pemasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk Nivea di kalangan mahasiswa FEB UMP. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk Nivea di kalangan mahasiswa FEB UMP. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif. Terdapat empat variabel bebas yang dibandingkan yaitu, produk, harga,tempat/distribusi dan promosi yang secara keseluruhan dikembangkan menjadi 16 indikator. Populasi penelitian adalah mahasiswa FEB UMP yang pernah melakukan pembelian produk Nivea, yang diambil sejumlah 68 responden sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer sebagai dasar analisis, teknik pengumpulan datanya adalah kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, tempat/distribusi dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dengan persamaan regresi : Y = 0,121 + 0,348 X1 + 0,188 X2 + 0,279 X3 + 0,171 X4 . Hasil uji F menunjukkan Fhitung (35,538) > Ftabel (2,04), dengan tingkat sig F 0,000 < 0,1 (Signifikan). Artinya ada pengaruh signifikan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (5,125) > ttabel (1,669) untuk variabel produk, nilai thitung (2,456) > ttabel (1,669) untuk variabel harga, nilai thitung (3,508) > ttabel (1,669) untuk variabel tempat/distribusi, dan nilai thitung (1,701) > ttabel (1,669) untuk variabel promosi. Artinya ada pengaruh signifikan variabel produk, harga, tempat/distribusi, atau promosi terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi menunjukkan variabel bauran pemasaran mampu berkontribusi terhadap keputusan pembelian sebesar 67,3%. Kata kunci : Produk, harga, tempat/distribusi, promosi dan keputusan pembelian.