PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 2 RAMBANG KUANG

Main Author: SRI AGADING FITRI, NIM. 342014125
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6180/1/342014125_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6180/2/342014125_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6180/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL (Problem Based Lerning), Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Lerning) terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 2 Rambang Kuang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 2 Rambang Kuang didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 <α 0,05/1 yang sudah di uji t tidak berpasangan (independent sample t-test). Maka disimpulkan model pembelajaran PBL (Problem Based Lerning) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMA Negeri 2 Rambang Kuang.