PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI MUARA BELITI PADA MATERI EKOSISTEM
Main Author: | DITA NOPIKA, NIM. 342014076 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6163/1/342014076_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6163/2/342014076_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6163/ |
Daftar Isi:
- Kata Kunci : Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Hasil Belajar, Ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Muara Beliti pada materi ekosistem. Penelitian ini adalah menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan non equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan VII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan independent sample t-test diketahui nilai 0,000 < 0,05 artinya Ha dinyatakan diterima, maka model pembelajaran yang digunakan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi ekosistem di SMP Negeri Muara Beliti. Hasil penelitian pada kelas eksperimen rata-rata nilai presentase sikap siswa menunjukkan pertemuan pertama 71% dan pertemuan kedua 75%, pada kelas kontrol pertemuan pertama 64% dan pertemuan kedua 67%, sedangkan rata-rata nilai presentasi keterampilan siswa pada kelas eksperimen menunjukkan pertemuan pertama 71% dan pertemuan kedua 75%, pada kelas kontrol pertemuan pertama 65% dan pertemuan kedua 68%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi ekosistem SMP Negeri Muara Beliti.