PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG

Main Author: VENTA LAILANDARI, NIM. 342014111
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6140/1/342014111_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6140/2/342014111_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6140/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat pada abad 21 membawa dampak yang sangat signifikan, dimana proses peralihan dari abad industrialisasi ke abad pengetahuan menuntut setiap bidang dalam kehidupan berubah sangat cepat dan harus dapat beradaptasi dengan cepat, begitu pula dengan pendidikan. Proses pembelajaran diarahkan pada penciptaan suasana aktif, kritis, analisis dan kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengambil judul ”Pengaruh Model Pebelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Keseimbangan Lingkungan Di SMA Negeri 13 Palembang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Non Equivalent Control Grub Design. Sampel yang digunakan berjumlah 70 siswa yang diambil dari kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4. Kelas X MIPA 3 menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas X MIPA 4 menjadi kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk memperoleh nilai hasil belajar. Berdasarkan hasil uji hipotesis Independent Sample t Test, hasil belajar IPA memiliki nilai signifikan sebesar 0.000 maka Ha diterima. Artinya ada perbedaan nilai posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen sesudah perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 13 Palembang.