PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG

Main Author: DAWINTA MILA SARI, NIM. 342014115
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6094/1/342014115_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6094/2/342014115_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6094/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Siswa. Penelitian pengaruh ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan LKPD pada materi keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Palembang. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan one group pretest posttest design. Sampel yang digunakan satu kelas dengan jumlah 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen dengan diberi perlakuan menggunakan model think pair share. Instrument yang digunakan yaitu lembar wawancara, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar tes pretest-posttest dan LKPD. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar kognitif siswa yaitu lembar tes pretest-posttest berbentuk soal pilihan ganda dengan berbantuan LKPD. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa dengan didukung oleh hasil uji hipotesis dengan hasil nilai asymp. Sign (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak artinya model pembelajaran think pair share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA muhammadiyah 3 Palembang.