PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 PALEMBANG
Main Author: | Ricky Prayoga, NIM. 312015077 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6075/1/312015077_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6075/2/312015077_BAB%20II_SAMPAI%20BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6075/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Prayoga, Ricky, 2019. “Pengaruh Model Make a Match terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa SMP Negeri 26 Palembang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadyah Palembang: (I) Dra. Ismaiyati, M.Pd., (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd Kata kunci: menulis, pantun, dan make a match. Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa belum memahami antara bagian sampiran dan isi pantun. Selain itu, siswa kesulitan dalam mencari kata-kata yang tepat dan bernada sama. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh penggunaan model Make a Match terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 26 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Make a Match terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu data tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 26 Palembang signifikan karena terbukti bahwa thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5%. setelah membendingkan hasil tes kelas kontrol dengan hasil tes kelas eksperimen diperoleh bahwa thitung ≥ ttabel 6,13 ≥ 1,67 pada taraf signifikan 5% dengan dk 61, yaitu adanya perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 63,45 dan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 68,87. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa “Model make a match berpengaruh terhadap kemampuam menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 26 Palembang” terbukti kebenarannya dapat diterima.