STUDI ANALISIS PERSEPSI GURU BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA PALEMBANG TERHADAP PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (PK) DAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (TPK) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Main Author: | MONICA PUJA KUSUMAWATI, NIM. 342015062 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5971/1/342015062_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5971/2/342015062_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5971/ |
Daftar Isi:
- kata kunci: pedagogical knowledge (PK), dan technological pedagogical knowledge (TPK). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru biologi SMA Muhammadiyah se-kota Palembang terhadap Pedagogical Knowledge (PK) dan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) pada pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa: (1) lembar angket, (2) lembar wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian dilakukan di tiga sekolah antara lain: (1) SMA Muhammadiyah 3 Palembang, (2) SMA Muhammadiyah 4 Palembang, dan (3) SMA Muhammadiyah 5 Palembang. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: Rerata Measure Pedagogical Knowledge (PK) bernilai logitnya yaitu 1,96. Jika dilihat skor setiap butir pernyataan maka butir pernyataan dengan butir pernyataan tertinggi adalah butir pernyataan dengan kode P13 yaitu guru melakukan remidi kepada siswa jika di bawah KKM, dan jika dilihat skor dengan butir pernyataan terendah adalah butir pernyataan dengan kode P2 yaitu guru hanya menggunakan satu metode dalam pembelajaran. Respon yang paling banyak didapatkan dari butir pernyataan yaitu respon baik. Sedangkan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) rata-rata yang didapatkan bernilai logitnya adalah 1,14. Jika dilihat skor setiap butir pernyataan maka butir pernyataan dengan butir pernyataan tertinggi adalah butir pernyataan dengan kode T9 yaitu guru dapat menyesuaikan penggunaan antara teknologi dan materi yang akan dipelajari pada kegiatan pembelajaran, dan jika dilihat skor dengan butir pernyataan terendah adalah butir pernyataan dengan kode T2 yaitu guru masih menggunakan buku literatur dalam mengajar di dalam kelas. Respon yang paling banyak di dapatkan dari butir pernyataan yaitu respon baik