ANALISIS PENGETAHUAN GURU BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA PALEMBANG TERHADAP TECHNOLOGICAL KNOWLEDGE (TK) DAN TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TCK) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Main Author: NIDIA PRAHMA SHAVIRA, NIM. 342015026
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5970/1/342015026_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5970/2/342015026_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5970/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Technological Knowledge (TK), Technological Content Knowledge (TCK) Perkembangan ilmu pengetahuan serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang begitu mendasar pada era globalisasi ini menjadi sebuah tantangan yang harus disikapi guru dengan mengedepankan profesionalisme. Pada pembelajaran di era modern sekarang ini, guru dituntut untuk mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan guru biologi SMA Muhammadiyah se-Kota Palembang terhadap Technological Knowledge (TK) dan Technological Content Knowledge (TCK) pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sembilan SMA Muhammadiyah se-Kota Palembang. Sampel dalam penelitian ini yaitu SMA Muhammadiyah 1 Palembang, SMA Muhammadiyah 6 Palembang, dan SMA Aisyiyah 1 Palembang. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, dan lembar angket. Penelitian ini menggunakan analisis model Rasch dengan bantuan aplikasi Winstep versi 3,73. Berdasarkan hasil analisis perhitungan model Rasch diperoleh bahwa pada nilai logit item measure nilai pada variabel Technological Knowledge (TK) guru terdapat tiga kategori sangat kurang, delapan kategori kurang, sembilan kategori baik dan enam kategori, sedangkan untuk variabel Technological Content Knowledge (TCK) guru terdapat tiga kategori kurang, dua kategori baik, dan satu kategori sangat baik. Artinya pengetahuan guru biologi SMA Muhmmadiyah se-Kota Palembang untuk variabel Technological Knowledge (TK) termasuk dalam kategori baik, sedangkan untuk variabel Technological Content Knowledge (TCK) termasuk dalam kategori kurang.