PERSEPSI GURU BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA PALEMBANG TERHADAP CONTENT KNOWLEDGE (CK) DAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Main Author: ERIKA RUSLIANA DEWI, NIM. 342015054
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5933/1/342015054_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5933/2/342015054_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5933/
Daftar Isi:
  • kata kunci: persepsi guru biologi, content knowledge (ck), pedagogical content knowledge (pck) Landasan berpikir seorang guru untuk mengajar tidak cukup hanya memahami konten materi, tetapi juga harus tahu tentang bagaimana cara mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru biologi SMA Muhammadiyah se-kota Palembang terhadap Content Knowledge (CK) dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada pembelajaran biologi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Muhammadiyah se-Kota Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah: SMA Muhammadiyah 2 Palembang, SMA Muhammadiyah 8 Palembang, SMA Muhammadiyah 9 Palembang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari total populasi. Subjek penelitian adalah guru biologi. Instrumen yang digunakan menggunakan lembar wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model RASCH dengan bantuan program Winstep versi 3.73. Berdasarkan hasil analisis perhitungan model RASCH diperoleh bahwa pada nilai logit item measure pada variabel Content Knowledge (CK) guru diketahui bahwa terdapat empat kategori sangat kurang, sembilan kategori kurang, enam kategori baik, dan lima kategori sangat baik. Sedangkan untuk variabel Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru diketahui bahwa terdapat empat kategori sangat kurang, tiga kategori kurang, tujuh kategori baik, dan dua kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap variabel Content Knowledge (CK) pada pembelajaran biologi termasuk dalam kategori kurang dan persepsi guru terhadap variabel Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada pembelajaran biologi termasuk dalam kategori baik.