PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Main Author: | EMILIA SARTIKA, NIM. 342015024 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5830/1/342015024_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5830/2/342015024_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5830/ |
Daftar Isi:
- kata kunci : Penelitian Pengembangan, lembar kerja peserta didik (LKPD), model Problem Based Instruction (PBI) Kurangnya bahan ajar yang disediakan serta model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan pembelajaran tidak efektif serta menjadikan peserta didik kesulitan memahami materi. Penelitian ini bertujuan (1) bagaimana karakteristik LKPD berbasis model Problem Based Instruction pada materi pencemaran lingkungan (2) bagaimana kelayakan LKPD berbasis model Problem Based Instruction pada materi pencemaran lingkungan (3) bagaimana kepraktisan LKPD berbasis model Problem Based Instruction pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian mengacu pada model pengembangan Borg and Gall sampai tahapan ketujuh yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen penguji kelayakan berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, ahli praktisi, dan angket respon peserta didik. Data di peroleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Karakteristik bahan ajar LKPD yang dikembangkan menggunakan model Problem Based Instruction pada materi pencemaran lingkungan disusun secara sistematis, menarik, dan jelas. Siswa mampu belajar secara mandiri, LKPD yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain dan siswa mampu berinteraksi langsung dengan lingkungan. Berdasarkan ujicoba kelayakan LKPD berada pada kategori “Sangat layak” . Ahli materi dengan nilainya X ≥ 33 kategori sangat layak, ahli media X ≥ 45 kategori sangat layak, ahli bahasa X ≥ 18 kategori sangat layak, ahli praktisi X ≥ 42 kategori sangat layak dan respon peserta didik X ≥ 33 kategori sangat layak. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori sangat layak sehingga layak untuk digunakan.