PENGARUH KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Main Author: ANGGI ANGGRAINI, NIM. 322015017
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5643/1/322015017_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5643/2/322015017_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5643/
Daftar Isi:
  • Kata kunci: Membuka, Menutup Pembelajaran, Keaktifan Belajar. Berdasarkan pengamatan masih ada diantara siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang yang masih belum memiliki keaktifan Belajar yang tinggi, proses pembelajaran yang di terapkan guru keterampilan membuka dan menutup pembelajaran masih kurang tepat. Saat membuka pembelajaran guru langsung saja masuk pada kegiatan inti pelajaran. Sehingga masih ada siswa yang sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya, bermain handphon, dan mengantuk. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhamadiyah 1 Palembang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang sebanyak 480 orang. Metode yang di gunakan adalah dengan metode korelasi. Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan (uji t). Berdasarkan analisis peneliti, hasil penguji hipotesis menunjukkan bahwa variabel Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi Rhitung 0,382 dengan koefisien determinasi atau disebut KP (korelation pearsion) yaitu 14,6%. Berdasarkan (uji t) di dapat t hitung > ttabel (4.491 > 0.1793). Sehingga dapat disimpulkan Bahwa ada Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang.Saran: Bagi siswa hendaknya belajar lebih giat dan aktif lagi baik di dalam kelas maupun organisasi dan ekstrakurikuler