ANALISIS POTENSI DAN KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PALEMBANG

Main Author: LINDA LISMAWATI, 222015303
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5360/1/222015303_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5360/2/222015303_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5360/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Linda Lismawati / 222015303 / Analisis Potensi dan Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis potensi dan kontribusi pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah kota palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah potensi dan kontribusi pajak reklame. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap seluruh data yang diperoleh di Badan Pengelolaan Pajak Daerah, dapat diambil beberapa kesimpulan antara lain Penerimaan pajak reklame di kota Palembang memiliki potensi yang cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang, potensi penerimaan pajak reklame pada tahun 2019 adalah sebesar Rp 18,559,145,378. Kontribusi yang diberikan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang masih tergolong “sangat kurang” karena rasio kontribusi yang diberikan pada tahun 2014 sampai dengan 2018 rata-rata kurang dari 10%. Upaya-upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah dengan menjalin kemitraan yang baik dengan para wajib pajak dengan cara mepenyuluhan kepada wajib pajak, serta melakukan evaluasi hasil pelaksanaan pemungutan pajak reklame. Pemerintah juga dapat mencari objek dan subjek pajak baru dan melakukan pendataan ulang terhadap para wajib paja yang sudah ada. Kata Kunci: Potensi, Kontribusi, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah