PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKTIF DENGAN TIDAK AKTIF BERORGANISASI ANGKATAN 2016 DAN 2017 DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Main Author: IRWANTO, 322015022
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5357/1/322015022_BAB%20I%20_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5357/2/322015022_BAB%20II_-_Terakhir.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5357/
Daftar Isi:
  • Irwanto. 2019. Perbedaan Prestasi Belajar Mahas iswa Aktif Dengan Tidak Aktif Berorganisasi Angkatan 2016 Dan 2017 Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra, Rytha Petrossky, M.Si. (II) Dr. Herman Seri , M.Pd. Kata Kunci : Mahasiswa aktif dan mahasiswa tidak aktif berorganisasi, Prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, masih ada mahasiswa yang nilai prestasi belajarnya menurun, apakah hal ini diakibatkan oleh keaktifan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan?. Rumusasn masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa aktif dengan tidak aktif berorganisasi angkatan 2016 dan 2017 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa aktif dengan tidak aktif berorganisasi angkatan 2016 dan 2017 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Penelitian ini menggunakan desain Ex Post Facto, yaitu metode penelitian merujuk pada perlakuan di mana variabel x telah terjadi sebelumnya sehingga peneliti tidak perlu memberilan perlakuan lagi, tinggal melihat efeknya pada variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini bahwa Uji T diperoleh t hitung (equal variances assumed) adalah 5,791 sedangkan t tabel dengan tarap signifikan 5% diperoleh 1,655. Berarti bahwa thitung > ttabel (5,975 > 1,655). Maka dapat di kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiwa aktif dengan tidak aktif berorganisasi Angkatan 2016 dan 2017 FKIP UMP. Dengan nilai rata-rata prestasi belajar mahasiswa aktif dalam organisasi kemahasiswaan sebesar 3,5163 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar mahasiswa tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan adalah sebesar 3,2625. Hal ini juga diperkuat oleh hasil wawancara kepada mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Mahasiswa tersebut menuturkan bahwa ia lebih percaya diri dan lebih berani ketika memberika pendapat saat forum diskusi. Ia juga mengakui banyak manfaat dalam mengikuti organisasi mahasiswa, salah satunya dapat melatih jiwa kepemimpinan dan banyak jaringan atau teman.