PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Main Author: MILA RANI, NIM. 322015009
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5103/1/322015009_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5103/2/322015009_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5103/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Keterampilan Guru Dalam Memberi Penguatan, Minat Belajar Siswa Berdasarkan pengamatan sementara masih ada beberapa siswa yang minat belajarnya masih rendah, apakah ini disebabkan oleh Keterampilan Guru dalam memberi Penguatan yang dilakukan oleh guru?. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Keterampilan Guru dalam Memberi Penguatan terhadap minat belajar siswa kelas X di sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang?. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang yang berjumlah 288 orang. Sampel pada penelitian ini adalah 20% dari jumlah siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 yang berjumlah 57 orang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan (uji t). Berdasarkan analisis peneliti, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel Keterampilan Guru Dalam Memberi Penguatan (X) berpengaruh Signifikan terhadap Minat belajar Siswa kelas x (Y) , hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi r hitung 0,253 dengan koefisien determinasi atau biasa disebut dengan KP (Korelasi Peason) yaitu 0,64% Berdasarkan (uji t) didapat thitung> ttabel (1,939 >1.673 ) Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Keterampilan Guru dalam memberi Penguatan yang dilakukan oleh guru maka akan semakin tinggi minat belajar yang dihasilkan siswa. Disarankan agar Guru lebih meningkatkan kualitas keterampilan dalam memberi penguatan dengan lebih baik kepada siswa dalam proses pembelajaran sebagai upaya menimbulkan minat belajarnya.