KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS X SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG

Main Author: YOGI FIRDAUS, NIM. 312015031
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5031/1/312015031_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5031/2/312015031_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5031/
Daftar Isi:
  • Kata kunci: keterampilan, menulis, teks eksposisi, audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : keterampilan menulis teks eksposisi dengan media audiovisual pada siswa kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui atau mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan media Audiovisual pada siswa kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang. metode deskriptif kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan angka, nilai dari penggunaan data, penafsiran data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Adapun tahapan penelitian ini ada tiga tahap yaitu : (1) tes menulis karangan eksposisi dengan media audiovisual; (2) Angket tertutup Siswa yang terdiri dari 15 bertanyaan yang masing-masinya mempunyai 3 alternatif jawaban; (3) Wawancara terbuka guru yang terdiri dari 15 pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi dengan media audiovisual siswa kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang sangat baik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai siswa yang diperoleh 31 siswa yaitu 88,70% dengan nilai tertinggi adalah 99 yang diperoleh oleh siswa sebanyak 2 orang sedangkan 70 diperoleh oleh siswa sebanyak 1 orang., berdasarkan persentase tersebut menunjukan bahwa siswa kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang seluruhnya telah memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 65.