PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG
Main Author: | WULAN DARI PRATIWI, NIM. 322015014 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5020/1/322015014_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5020/2/322015014_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5020/ |
Daftar Isi:
- Kata kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa Latar belakang penelitian ini bahwa masih ada beberapa siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah dalam melaksanakan pembelajaran, apakah hal ini di sebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan (uji t). Berdasarkan analisis peneliti, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi r hitung 0,4365 dengan koefisien determinasi atau biasa disebut dengan KP (Korelation Pearson) yaitu 19,05%. Berdasarkan (uji t) didapat thitung > ttabel (3.181>0,288). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi kerja di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Artinya semakin baik dan bervariasinya media pembelajaran maka akan semakin meningkat motivasi belajar siswa.