PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KAMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ISHLAHUL UMMAH PRABUMULIH
Main Author: | ADE MIRANDA, NIM. 312015035 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5015/1/312015035_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5015/2/312015035_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5015/ |
Daftar Isi:
- Kata kunci: Kemampuan, menulis, teks puisi, Concept Sentence. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi kesulitan dalam menulis puisi. Peneliti memerlukan model pembelajaran dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Permasalahan dalam penelitian adalah adakah pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan siswa menulis teks puisi dan mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks puisi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan rancangan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih yang berjumlah 45 siswa. Peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan porposive sample. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mesir sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Kuwait sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara guru Bahasa Indonesia, tes siswa, angket siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data tes dan angket. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, diperoleh simpulan bahwa pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah tergolong signifikan, karena terbukti thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% dengan DK (Derajat Kebebasan) 5,86 ≥ 1,68. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih terbukti kebenarannya. Penulis menyarankan agar siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih lebih giat dan bersungguh-sungguh belajar menulis puisi agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan guru Bahasa Indonesia harus kreatif dalam memilih model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.