PENGARUH KINERJA GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM

Main Author: PUPUT SAPITRI, NIM. 322015024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4963/1/322015024_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4963/2/322015024_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20AKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4963/
Daftar Isi:
  • Kata kunci: Kinerja Guru, Mengajar, Motivasi Belajar Berdasarkan pengamatan sementara masih ada beberapa siswa yang motivasi belajarnya masih rendah, apakah ini di sebabkan oleh kinerja guru dalam mengajar? Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ada Pengaruh Kinerja Guru Dalam Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lembak Kabupaten Muara Enim?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Kinerja Guru Dalam Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lembak Kabupaten Muara Enim. Metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan angket yang di sebarkan kepada 75 sampel dari 315 populasi penelitian, dokumentasi untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kinerja guru dalam mengajar. Angket terdiri dari dua variabel yaitu variabel (X) Kinerja Guru Dalam Mengajar dan variabel (Y) Motivasi Belajar Siswa. dimana variabel (X) terdiri dari 20 item dan variabel (Y) terdiri dari 20 item. Analisis data yang digunakan adalah analisis product moment dan uji signifikan (uji t). Berdasarkan analisis peneliti, perhitungan uji signifikan (uji t) nilai thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (9.061>1.666). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kinerja Guru Dalam Mengajar memberikan pengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar. Disarankan agar Kepala Sekolah lebih meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengajar untuk membangun kemajuan individu siswa yang bertujuan memotivasi siswa dalam menjalani pendidikan sehingga tidak hanya berdampak pada siswa tapi juga bertujuan untuk kemajuan nama sekolah. Guru diharapkan agar dapat meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengajar sehingga semakin tinggi Kinerja Guru Dalam Mengajar maka akan semakin tinggi Motivasi Belajar Siswa. dan siswa diharapkan agar dapat meningkatkan motivasi belajar dengan baik.