KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA DI SMP NEGERI 27 PALEMBANG

Main Author: BELLA KURNIATI, NIM. 312015041
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4958/1/312015041_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4958/2/312015041_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4958/
Daftar Isi:
  • Kurniati, Bella. 2019. Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Poblem Based Learning Siswa di SMP Negeri 27 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Strata (S1), Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang Pembimbing: (I) Dr. Gunawan Ismail, M.pd. (II) Drs. Danto, M.pd. Kata Kunci : Puisi, problem based learning. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan di sekolah bertujuan untuk mencerdaska kehidupan banhsa sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 yang terus berkembang dalam proses dipelukan model pembelajara untuk mengetahui keterampilan menulis puisi, salah satu model pembelajaran menulis puisi. Masalah dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning dalam mempelajaru menulis puisi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Palembang terampil menulis puisi melalui model pembelajaran Problem Based Learning? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran Problem Based Learning. metode yang digunakan yaitu Ekspermen. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes menulis puisi untuk siswa, angket untuk siswa dan wawancara untuk guru. Objek penelitian ini di ambil dari kelas VIII.2 berjumlah 30 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Sedangkan kelas VIII.3 berjumlah 30 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan. Berdasarkan hasl tes essai yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ssiswa memperoleh nilai di atas 80 kelas VIII.2 berjumlah 13 siswa dengan presntase 43,33% dan kelas VIII.3 14 siswa dengan presentase 46,66%. Kesimpulan peelitian ini adalah bahwa kelas VIII SMP Negeri 27 Palembang terampil menulis puisi dan terbukti kebenarannya sesuai dengan hasil pengujian hipotesis. Hal ini juga dapat ditunjang dengan data angket siswa bahwa siswa belm pernah mendapatkan pengajaran tentang menulis puisi sebelumnya, sebagian besar mereka tetapi mehami apa yang diajarkan jika pelajara puisi yang menyenangkan. Kemudian, peneliti juga menyarankan siswa lebih meningkatkan lagi minat dalam belajar Bahasa Indonesia Khususnya materi keterampilan menulis puisi.