KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA SMP PGRI PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
Main Author: | SAHFITRIANI SINTIYA, NIM. 312015046 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4917/1/312015046_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4917/2/312015046_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4917/ |
Daftar Isi:
- Kata kunci: kemampuan, menulis puisi, imajinatif, audio visual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi kesulitan dalam menulis puisi. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa SMP PGRI Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam menulis puisi dengan model pembelajaran imajinatif melalui media audio visual? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa SMP PGRI Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir menulis puisi dengan model pembelajaran imajinatif melalui media audio visual. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui tes menulis puisi untuk siswa, angket untuk siswa, dan wawancara untuk guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 SMP PGRI Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Berdasarkan data hasil tes esai yang mencapai nilai ≥ 75 berjumlah 22 orang (78,6%) dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 75 berjumlah 6 orang (21,4%).Dari hasil penelitian ini, nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 94 dan nilai terendah adalah 69 dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 80. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa siswa kelas VIII SMP PGRI Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir mampu menulis puisi dengan model pembelajaran imajinatif melalui media audio visual terbukti kebenarannya sesuai dengan pengujian hasil hipotesis. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada para siswa agar banyak berlatih dalam meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta mengembangkan minat dan kreativitas terhadap materi menulis puisi. Guru bahasa Indonesia dapat memberikan motivasi kepada para siswa agar siswa meningkatkan dan mengembangkan daya imajinasi serta kreativitasnya dalam menulis puisi, guru juga sebaiknya menggunakan model pembelajaran imajinatif melalui media audio visual di dalam pembelajaran menulis puisi.. Sekolah hendaknya menyediakan fasilitas belajar yang lengkap demi menunjang keberhasilan prestasi siswa.