PENGARUH STRATEGI KWL (KNOW – WANT TO KNOW – LEARNED) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI SISWA SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Main Author: NINGSIH WULAN DARI, NIM. 312015040
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4860/1/312015040_%20BAB%20I_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4860/2/312015040_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4860/
Daftar Isi:
  • Kata kunci: pengaruh, KWL (Know-Want to Know-Learned), membaca pemahaman teks eksposisi Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya membaca pemahaman teks eksposisi agar siswa mampu dalam membaca pemahaman teks eksposisi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi KWL berpengaruh dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi siswa SMA Negeri 11 Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh strategi KWL dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi siswa SMA Negeri 11 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 dan X IPS 4 SMA Negeri 11 Palembang sebanyak 72 siswa, yang terdiri atas 34 laki-laki dan 38 perempuan, sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 36 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif membaca pemahaman teks eksposisi, angket, dan wawancara. Hasil tes yang didapat dalam penelitian ini adalah kelas kontrol nilai rata-rata pretest (tes awal) adalah 57,56 dan nilai rata-rata posttest (tes akhir) adalah 59,78. Selanjutnya, kelas eksperimen nilai rata-rata pretest (tes awal) adalah 50,33 dan nilai rata-rata posttest (tes akhir) adalah 67,66. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi KWL terhadap membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang karena terbukti thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf siginfikan 5%. Berdasarkan hasil tes siswa, setelah membandingkan hasil tes siswa kelas eksperimen dengan hasil tes siswa kelas kontrol diperoleh bahwa thitung ≥ ttabel, yaitu 5,56 ≥ 2,00 pada taraf signifikan 5% dengan dk 70. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi KWL terhadap membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang terbukti kebenarannya. Oleh karena itu, hipotesis diterima.