PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMA BAKTI IBU 8 PALEMBANG
Main Author: | APRI AMELIA, NIM. 312015037 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4844/1/312015037_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4844/2/312015037_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4844/ |
Daftar Isi:
- Kata kunci : penerapan, model pembelajaran discovery learning, teks laporan hasil observasi, mengidentifikasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran discovery learning. Masalah dalam penelitian adalah apakah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks laporan hasil observasi siswa kelas X IPS SMA Bakti Ibu 8 Palembang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks laporan hasil observasi siswa SMA Bakti Ibu 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian dilakukan 3 kali pertemuan, yang dibagi ke dalam prasiklus, siklus I, dan siklus II. Data yang dikumpulkan melalui observasi, tes, angket, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Bakti Ibu 8 Palembang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 17 perempuan. Berdasarkan hasil pengamatan, pada tes prasiklus siswa terlihat kurang antusias, tidak serius, dan belum aktif, jumlah skor yang diperoleh dari lembar pengamatan berjumlah 65 dikategorikan cukup. Selanjutnya menggunakan model pembelajaran discovery learning, pada siklus I jumlah skor yang diperoleh dari lembar pengamatan berjumlah 70, dikategorikan baik dan pada siklus II jumlah skor yang diperoleh dari lembar pengamatan berjumlah 75, dikategorikan baik sekali. Siswa yang awalnya kurang antusias, tidak serius, dan belum aktif menjadi antusias, serius, dan aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes kemampuan siswa, diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas 67. Peningkatan rata-rata dapat dilihat dari tes prasiklus 53,37 menjadi 66,56 pada siklus I, dan 72,78 pada siklus II. Sedangkan dilihat dari persentase keberhasilan ada peningkatan klasikal, prasiklus 11,1% menjadi 55,6% pada siklus I, dan 92,6% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks laporan hasil observasi siswa kelas X IPS SMA Bakti Ibu 8 Palembang. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam pengajaran khususnya pelajaran Bahasa Indonesia.