PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA SMK BINA JAYA PALEMBANG

Main Author: DESSY ERISA, NIM. 312015027
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4843/1/312015027_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4843/2/312015027_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4843/
Daftar Isi:
  • Kata kunci: pengaruh, model collaborative learning, teks laporan hasil observasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi kesulitan dalam menulis teks laporan hasil observasi. Peneliti memerlukan model pembelajaran dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah model collaborative learning berpengaruh dalam menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model collaborative larning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang terdiri dari dua kelompok penelitian yakni kelompok pertama kelas eksperimen dengan mendapat perlakuan model collaborative leraning sedangkan kelompok kedua tidak mendapat perlakuan model collaborative learning. Desain eksperimen yang digunakan yaitu desain eksperimen True Eksperimental Desain, yaitu Jenis-jenis eksperimen yang dianggap sudah baik karena sudah memenuhi persyaratan. Hipotesis penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang yang berjumlah 147 siswa. Peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan porposive sample. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X Akuntasi 1 berjumlah 32 sebagai kelas kontrol dan kelas Akuntansi 2 berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data tes dan angket. Hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa berpengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang tergolong signifikan, karena terbukti thitung kebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db (derajat bebas) 4,91 ≥ 1,66. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu model collaborative learning berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks laporan hasil obsevasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam pengajaran, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.