Keefektifan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Palembang

Main Author: MONALISA, NIM. 312015024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4819/1/312015024_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4819/2/312015024_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4819/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah keiginan penulis untuk meningkatkan minat siswa dalam kemampuan menulis cerpen. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam bentuk cerpen. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Keefektifan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palembang? Sedangkan tujuan penulis melaksanakan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keefektifan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palembang sebanyak 10 kelas berjumlah 350 siswa, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengambilan teknik cluster sampling, sehingga mendapatkan kelas XI IPA 4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 6 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksprimen. Data penelitian ini melalui tes siswa, angket siswa, dan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 8 Palembang. Data hasil tes yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif digunakan dalam pembelajaran kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palembang. Keefektifan terbukti bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,82 ≥ 1,66, dengan DK (Derajat Kebebasan) 70. Hipotesis yang dikemukakan yaitu, Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif dalam kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palembang terbukti kebenarannya. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam pengajaran, terutama dalam pengajaran Bahasa Indonesia.