PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA SMP YAYASAN BAKTI PRABUMULIH

Main Author: DIAH AYU SARASWATI, NIM. 312015058
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4798/1/312015058_BAB%201_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4798/2/312015058_BAB%202%20SAMPAI%20DENGAN%20BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4798/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penelitian ini adalah model pembelajara sugestopedia dapat merespon gambaran-gambaran yang diberikan dengan imajinasi dan logika yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Rumusan Masalah Bagaimana pengaruh model pembelajaran sugestopedia terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Yayasan Bakti Prabumulih. Tujuan Penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran sugestopedia terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Yayasan Bakti Prabumulih. Hipotesis terdapat dari pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran sugestopedia. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dan yang menjadi sampel hanya 2 kelas. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Kesimpulan hasil pengujian mean kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dikonsultasikan pada ttabel ternyata perbedaan tersebut signifikan hal ini dapat diketahui dari perhitungan uji t yang menunjukan bahwa thitung > ttabel atau 6,08 ≥ 1,99 dengan dk = 52. Maka, model pembelajaran sugestopedia berpengaruh terhadap keterampilan peserta didik dalam menulis puisi SMP Yayasan bakti Prabumulih. Saran diharapkan guru bahasa Indonesia yang mengajar dikelas VIII SMP Yayasan Bakti Prabumulih diharapkan menggunakan model pembelajaran sugestopedia dalam menulis karangan puisi karena, sudah terbukti melalu penerapan model pembelajaran sugestopedia sangat efektif dan dapat meningkatkan keterampilan pesrta didik dalam berimajinasi menulis karangan puisi.