PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN SUATU BILANGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Author: Mazro'atul Khoeriyah, NIM. 332015035
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4786/1/332015035_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4786/2/332015035_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4786/
Daftar Isi:
  • Matematika sebagai ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia (Abdullah, 2010). Akan tetapi matematika memiliki faktor sulit bagi peserta didik yang mempelajarinya, khususnya bagi peserta didik Sekolah Dasar, mengingat matematika yang abstrak sementara kemampuan abstrak peserta didik sekolah dasar masih rendah (Ningrum & Leonard, 2014). Sehingga peneliti mengembangkan modul matematika siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi faktor dan kelipatan suatu bilangan di kelas IV Sekolah Dasar untuk membantu kesulitan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four-D Models (4-D) yang terdiri dari empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu: (1) modul matematika siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi faktor dan kelipatan suatu bilangan di kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis; (2) modul matematika siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi faktor dan kelipatan suatu bilangan di kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik, yang dapat dilihat dari nilai rata-rata akhir peserta didik yaitu 85,33 yang berarti hasil belajar peserta didik tergolong kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul matematika siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi faktor dan kelipatan suatu bilangan di kelas IV Sekolah Dasar memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.