KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG

Main Author: NURILMA KALSUM, NIM. 312015036
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4746/1/312015036_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4746/2/312015036_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4746/
Daftar Isi:
  • kata kunci: kemampuan, creative problem solving, menulis teks laporan hasil observasi. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan menulis dalam pelaksanaannya sering tidak mendapat perhatian. Hal itu dikarenakan dalam kesehariannya banyak siswa mampu dalam membaca teks, tetapi mengalami kesulitan dalam menulis teks. Siswa kesulitan memulai dan mengembangkan ide atau gagasannya tersebut ke dalam sebuah tulisan. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran menulis di kelas, diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir dan keterampilan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran CPS pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa hasil tes akhir di kelas eksperimen membuktikan bahwa siswa mampu menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran CPS. Berdasarkan perbandingan rata-rata dan perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa yaitu 1,67 pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa siswa mampu menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran CPS. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa ≥ atau 6,9 ≥ 1,67 pada taraf signifikan 5% dengan DK 58, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis diterima. Saran dari penelitian ini diharapkan Guru Bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran CPS. Pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya dalam menulis teks laporan hasil observasi.