PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP NEGERI 6 PRABUMULIH
Main Author: | AMELIA, NIM. 312015052 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4735/1/312015052_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4735/2/312015052_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4735/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Amelia. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa SMP Negeri 6 Prabumulih. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. H. Refson, M.Pd. (II) Surismiati, S,Pd., M.Pd. Kata kunci: Generatif, teks deskripsi Latar belakang penilitian ini adanya kenyataan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks masih terlihat belum memuaskan sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan menulis teks siswa, yakni model pembelajaran generatif. Rumusan masalah penelitian ini adakah pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih yang berjumlah 124 siswa. Sampel penelitian 2 kelas yakni kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.D sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan wawancara guru, sedangkan analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran generatif berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih. Hal ini berdasarkan hasil tes awal (pretest) siswa kelas kontrol yang hanya memperoleh nilai rata-rata 59,76 dan kelas eksperimen memperoleh nilai 61,32. Setelah digunakan model pembelajaran generatif, yakni pada kelas eksperimen terjadi peningkatan yang cukup signifikan, yakni menjadi 70 dan telah memenuhi KKM yang ditetapkan oleh sekolah, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 63.6 dan belum mampu memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah. Sementara itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 1,920 sedangkan nilai ttabel = 1,677. Hal ini menunjukkan bahwa thitung = 1,920 > ttabel = 1,677. Dengan demikian, penelitian dinyatakan berhasil karena terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Prabumulih.