MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG SEBELUM DAN SETELAH MENJALANI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Main Author: | TITI JANNA PRAWIRA LUBIS, NIM. 702015011 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4694/1/702015011_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4694/2/702015011_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4694/ |
Daftar Isi:
- Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu minat, gaya belajar, kecerdasan, dan kondisi fisiologi sedangkan faktor eksternal yaitu dari faktor keluarga, lingkungan, dan metode pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang sebelum dan setelah menjalani pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain penelitian Longitudinal. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Populasi terdiri dari seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang angkatan 2018. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik total sampling dengan responden berjumlah 100 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner mengenai motivasi belajar. Uji statistik pada motivasi belajar sebelum dan setelah menjalani pembelajaran Problem Based Learning adalah terjadi perbaikan motivasi belajar sebanyak 0,000. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbaikan pada motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang angkatan 2018 setelah menjalani proses PBL. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Problem Based Learning