PENGARUH MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BAKTERI PADA SISWA KELAS X DI SMA SRIGUNA PALEMBANG
Main Author: | RIZKA YULIENTHIA MT, NIM 342014124 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3294/1/342014124_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3294/2/342014124_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20VI.pdf http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3294/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar pada materi bakteri pada siswa kelas X di SMA Sriguna Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen. Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 (eksperimen) dan kelas X MIPA 3 (kontrol). Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Hasil uji t data berpasangan (Paired sampel T-test) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai (sig 2-tailed = 0,000) <1⁄2 α (0,025) maka H0 ditolak jadi terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, tetapi nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol karena pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis (Independent Sample T-test). Diperoleh nilai sig 2-tailed sebesar 0,014 <1⁄2 α (0,025), maka H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran pada materi bakteri di SMA Sriguna Palembang. Hasil dari uji hipotesis (Independent Sample T-test) diperoleh nilai sig 2-tailed sebesar 0,014 <1⁄2 α (0,025), maka H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran pada materi bakteri di SMA Sriguna Palembang. vii