PENGARUH DISIPLIN, KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SEBERANG ULU 1 PALEMBANG

Main Author: NURAIDA ASTINING PUTRI, NIM.92217001
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3267/1/92217001_BAB%201_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3267/2/92217001__BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3267/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan: penelitian untuk mengetahui pengaruh disiplin, kompetensi kepribadian dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Seberang ULU 1 Palembang. Desain penelitian: menggunakan tipe asosiatif. Variabel yang digunakan terdiri dari variabel disiplin, kompetensi kepribadian dan supervisi kepala sekolah sebagai variabel bebas, serta kinerja guru sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru SMP Negeri di Kecamatan Seberang ULU 1 Palembang yang berjumlah 305 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik sampling menggunakan rumus Yamane hingga didapat 173 orang, Model analisis yang digunakan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikan disiplin, kompetensi kepribadian dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Seberang ULU 1 Palembang. 2) Ada pengaruh yang signifikan disiplin, kompetensi kepribadian dan supervisi kepala sekolah secara parsial terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Seberang ULU 1 Palembang. Implikasi: penelitian ini memberikan hasil bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu memberikan contoh kedisiplinan kepada guru disertai dengan komunikasi yang dapat menimbulkan kepatuhan. Kepala sekolah mengikutsertakan gurunya untuk diklat kepribadian untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas serta jabatan dengan dilandasi kepribadian yang dibutuhkan seorang guru. Selanjutnya, Kepala sekolah perlu mengusai teknik supervisi agar dapat mengetahui permasalahan yang terjadi di sekolahnya. Kata kunci : Disiplin, Kompetensi Kepribadian, Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru.