GAYA BELAJAR MAHASISWA BARU FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG SEBELUM DAN SETELAH MENJALANI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Main Author: LIA RESTI HERMANTO, NIM. 702015016
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2866/1/702015016_BAB%201_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2866/2/702015016_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2866/
Daftar Isi:
  • Gaya belajar adalah cara belajar seseorang yang khas, bersifat konsisten, seringkali tidak disadari yang merupakan kombinasi dari seseorang tersebut menyerap dan mengatur serta mengolah informasi dari berbagai materi yang telah diberikan, sedangkan problem based learning merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga mahasiswa harus belajar dan mampu bekerja secara kelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan gaya belajar pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang sebelum dan setelah menjalani proses pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian Observasional Analitik, dengan desain penelitian Longitudinal. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Palembang. Pengambilan data dilakukan secara total sampling dengan jumlah sample sebanyak 100 mahasiswa. Data diambil dengan menggunakan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan realibitasnya. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukan terdapat perubahan yang bermakna pada perubahan gaya belajar kinestetik saja. Dengan hasil uji T berpasangan didapatkan p value untuk perubahan gaya belajar kinestetik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran PBL 0,001, sedangkan gaya belajar visual dan audioriti tidak menunjukan perubahan yang bermakna dengan nilai p value pada gaya belajar visual adalah 0,433 dan gaya belajar auditori 0,283.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hanya pada perubahan gaya belajar kinestetik saja yang bermakna sedangkan pada gaya belajar visual dan auditori tidak terdapat perubahan yang bermakna. Kata Kunci : Gaya Belajar, PBL