PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS METODE INQUIRI MATERI PERSEGI PANJANG DI SMP KELAS VII

Main Author: CICI TRISNAWATI, NIM. 332012056
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/1197/1/332012056_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/1197/2/332012056_BAB%20II_sampai_BAB%20TERAKHIR.pdf
http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/1197/
Daftar Isi:
  • Bahan ajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah, Melalui bahan ajar guru akan lebih mudah dalam belajar. Bahan ajar yang paling sering digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran di sekolah SMP Negeri 26 Palembang adalah buku paket. Kita tahu bahwa banyak sekali bahan ajar yang dapat digunakan para pengajar agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan pembelajaran tidak hanya berpaku pada buku paket saja, salah satunya adalah lembar kerja siswa (LKS) dapat dijadikan sebagai pendamping buku paket untuk menunjukkan proses pembelajaran. LKS bentuk buku latihan atau pekerjaan rumah yang berisi soal-soal sesuai dengan materi pelajaran. LKS merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa atau aktivitas siswa dalam belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mengoptimalkan tercapainya hasilbelajar, Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah mengembangkan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) berbasis metode Inquiri pada materi persegi panjang yang valid dan praktis? (2) Bagaimanakah efek potensial bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) berbasis metode Inquiri pada materi persegi panjang terhadap hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan bahan ajar (LKS) berbasis metode Inquiri materi persegi panjang yang valid dan praktis. (2) mengetahui efek potensial bahan ajar (LKS) berbasis metode Inquiri pada materi persegi panjang terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bermanfaat: (a) bagi siswa, sebagai pengalaman baru dalam pembelajaran matematika dan dapat meningkatkan hasil belajamya dengan menggunakan LKS berbasis metode Inquiri materi persegi panjang. (b) bagi guru, dapat membuat waktu yang digunakan dalam pembelajaran lebih efektif dan member informasi, masukan dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa. (c) bagi pembaca, sebagai salah satu bahan acuan, perbandingan ataupun referensi bagi pembaca yang melakukan penelitian sejenis.