Analisis Kebutuhan E-Modul Biologi Sel untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang

Main Authors: Nuril Hidayati; Program Studi Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo Malang, Ardian Anjar Pangestuti; Program Studi Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo Malang
Format: Peer-reviewed Paper application/pdf Proceeding
Bahasa: ind
Terbitan: SEMINAR NASIONAL HAYATI , 2018
Subjects:
Online Access: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/hayati5/paper/view/59
Daftar Isi:
  • Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui pentingnya dilakukan penyusunan e-modul biologi sel sebagai salah satu bahan ajar bagimahasiswa. Analisis dilakukan terhadap proses pembelajaran biologisel pada tahun ajaran sebelumnya dan analisis angket kepada mahasiswa yang telah menempuh matakuliah biologi sel. Kegiatan pembelajaran biologi sel pada tahun sebelumnya dilakukan denganmenggunakan metode pembelajaran diskusi presentasi. Mahasiswa diminta untuk mencari informasi terkait materi biologi sel yang kemudian akan didiskusikan dan dipresentasikan secara klasikal. Kegiatan ini menimbulkan beberapa kekurangan antara lain terjadinya kesalahan konsep yang diperoleh mahasiswa dari hasil mencari informasi di internet yang kurang tepat, tidak merujuk pada handbook yang telah menyediakan informasi yang akurat, dan mahasiswa tidak memiliki bahan ajar kecuali pada topik yang akanmereka presentasikan. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui analisis kebutuhan bahan ajar pada mata kuliah biologi sel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif denganjumlah subjek penelitian adalah 45 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis angket yang diberikan kepada mahasiswa dan wawancara kepada tim dosen pengampu mata kuliah biologi sel maka perlu dilakukan pengembangan bahan ajar berupa e-modul untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan pada mata kuliah biologi sel.