Analisis Proses Pembelajaran Taksonomi Tumbuhan sebagai Dasar Pengembangan Buku Ajar dengan Model Inkuiri Terbimbing Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi

Main Authors: Deny Setiawan; Program Studi Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo Malang, Ardian Anjar Pangestuti; Program Studi Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo Malang
Format: Peer-reviewed Paper application/pdf Proceeding
Bahasa: ind
Terbitan: SEMINAR NASIONAL HAYATI , 2018
Subjects:
Online Access: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/hayati5/paper/view/53
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pembelajaran yangdilakukan pada Mata Kuliah Taksonomi Tumbuhan sebagai dasar untukmengembangkan buku ajar dengan model Inkuiri Terbimbing bagimahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakanpenelitian deskriptif kualitatif dengan metode survai. Penelitian inidilakukan dengan merujuk pada tahap Define dari model pengembangan4D. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angketkepada dosen pengampu mata kuliah Taksonomi Tumbuhan di ProdiPendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Hasil penelitian menunjukkanbahwa selama ini pembelajaran Taksonomi Tumbuhan menerapkanmetode diskusi-presentasi yang didukung oleh kegiatan praktikum. Bahanajar yang disediakan dalam pembelajaran berupa buku teks, Lembar Kerja,atau gambar yang telah disediakan oleh dosen. Meskipun demikian, dosenmasih diperlukan buku ajar yang tersusun atas konsep, gambar yangrelevan, evaluasi, kegiatan praktikum, memberdayakan kemampuanberpikir konstruktif dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu,diharapkan buku ajar tersebut sesuai dengan kurikulum dan karakteristik mahasiswa.