Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan Universitas Negeri Malang
Main Authors: | Nuraini Nuraini; Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Hadi Suwono; Departemen Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Murni Sapta Sari; Departemen Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang |
---|---|
Format: | Peer-reviewed Paper application/pdf Proceeding |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SEMINAR NASIONAL HAYATI
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/hayati5/paper/view/52 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan modelpembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan komunikasi mahasiswaPendidikan Biologi pada mata kuliah Struktur dan PerkembanganTumbuhan Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil observasipada matakuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhanmenunjukan komunikasi belajar dalam kelas belum begitu baik, halini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang kurang berkomunikasisaat berdiskusi kelompok maupun saat presentasi. Upaya untukmeningkatkan komunikasi mahasiswa dapat diupayakan melaluiperancangan suatu kegiatan kolaboratif, yang dapat dilakukanmelalui Inkuiri berbasis Lesson Study (LS) yang akan dilakukansebanyak 2 siklus dalam 4 kali pertemuan. Komunikasi yang baikakan meningkatkan kegiatan hasil belajar. Komunikasi belajarmahasiswa dapat diukur melalui angket motivasi yang diberikankepada mahasiswa dan lembar observasi motivasi belajar.Implementasi PTK pada pembelajaran secara umum dapatmeningkatkan komunikasi peserta didik karena adanya peningkatankualitas pembelajaran sehingga mendorong mahasiswa untukbelajar. Kualitas pembelajaran ditingkatkan melalui kegiatan PTK.PTK berfungsi sebagai alat dalam meningkatkan kualitaspembelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa dalampembelajaran. Ketiga aspek mental, yakni minat, sikap dankomunikasi, merupakan pendorong secara internal bagi pesertadidik dalam melaksanakan aktivitas belajar dan pencapaian hasilbelajar.