Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang
Main Authors: | Malika Rohmani; Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Murni Saptasari Saptasari; Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang |
---|---|
Format: | Peer-reviewed Paper application/pdf Proceeding |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SEMINAR NASIONAL HAYATI
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/hayati5/paper/view/49 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi proses pembelajaran pada MatakuliahStruktur Perkembangan Tumbuhan II Off C pada tanggal 11 dan 13September 2017, didapatkan suasana pembelajaran sudah baik,namun beberapa mahasiswa yang terlihat lesu dan tidakbersemangat sehingga suasana kelas menjadi sepi. Prosespembelajaran yang sudah dilakukan seperti diskusi kelompok untukmengerjakan tugas, presentasi hasil diskusi, dan membuat jurnalbelajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatankemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jenis penelitian adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study denganpendekatan penelitian deskriptif kualiatif. Prosedur PenelitianTindakan Kelas berbasis Lesson Study yang dilakukan terdiri dari 2siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan BiologiOff C semester 3 yang sedang menempuh matakuliah StrukturPerkembangan Tumbuhan II dengan jumlah mahasiswa sebanyak 35orang. Berdasarkan hasil penelitian, data observasi kemampuanberpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 18,28 %,siklus I sebesar 62,428 % dan siklus II sebesar 80,714 %. Data hasilangket kemampuan berpikir kritis mahasiswa mengalamipeningkatan sebesar 22. 31 %, pada siklus I sebesar 45.76 % dansiklus II sebasar 68. 07% . Kesimpulan dari penelitian ini bahwapenerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasisLesson Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritismahasiswa SPT II Off C semester 3.