Penggunaan Kosmetika sebagai Bentuk Penyesuaian Diri dan Identitas Remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMAN 1 Malang Kota Malang
Main Author: | Isnaini Fauziyah; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Pend-IPS/article/view/76305 |
Daftar Isi:
- RINGKASAN Fauziyah, Isnaini. 2018. Penggunaan Kosmetika sebagai Bentuk Penyesuaian Diri dan Identitas Remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMAN 1 Malang Kota Malang. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Hj. Siti Malikah Towaf, M.A., Ph.D, (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A Kata Kunci: Remaja, Kosmetika, Penyesuaian Diri Penyesuaian diri pada remaja dilakukan agar remaja tidak dikucilkan oleh teman sebayanya. Salah satu bentuk penyesuaian diri remaja dalam pergaulan adalah dengan menggunakan kosmetika. Fenomenainiditemukan di SMAN 1 Malang.Adapunrumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apa motivasi siswi SMAN 1 Malang menggunakan kosmetika? (2) Bagaimana cara siswi SMAN 1 Malang belajarmengguakankosmetika ? (3) Kosmetika apa saja yang digunakan siswi SMAN 1 Malang? (4) Apamanfaat penggunaan kosmetika padasiswi SMAN 1 Malang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian kualitatif menempatkan peneliti sebagai pengamat dan pengumpul data. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini terbagi atas informan pendukung dan informan kunci. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Tahap – tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data, dan kesimpulan. Motivasi siswi SMAN 1 Malang menggunakan kosmetika berbeda-beda diantaranya 1)kebutuhankeberadaan,2) kebutuhanuntukberubungan, dan 3) kebutuhanuntukberkembang. Cara siswi SMAN 1 Malang belajar menggunakan kosmetika beragam diantaranya melalui 1) teman sebaya, 2) melalui keluarga (kakak), 3) melalui tutorial di internet.Kosmetika yang digunakan siswi SMAN 1 Malang terdiri dari 2 macam yaitu riasan dasar dan riasan dekoratif.Riasan dasar terdiri dari cream, sunscreen, dan bedak.Riasan dekoratif terdiri atas pelembab bibir (lipice) dan concealer.Manfaat pengunaan kosmetika oleh siswi SMAN 1 Malang berbeda-beda diantaranya 1) tampil percaya diri karena wajah tidak terlihat kusam, 2) tampil percaya diri karena dapat menutupi jerawat, dan3) tampil percaya diri karena merasa berbeda dengan biasanya. Bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan kajian penelitian serupa tentang pengaruh gender terhadap penggunaan kosmetika dan motivasi seseorang menggunakan kosmetika dilihat dari segi ekonomi dan psikologis.