PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 15 MALANG
Main Author: | Devi Lailatul Azizah; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Pend-IPS/article/view/51039 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 15 MALANGAzizah, Devi Lailatul. 2016. Penerapan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang. Skripsi, Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A, Ph.D, (II)Drs. Soetjipto, S.H., M. Pd.Kata Kunci:Penerapan, Kurikulum 2013, IPSPerubahan Global yang terjadi juga berpengaruh dalam hal pendidikan. Untuk mendukung perubahan dalam perkembangan pendidikan diperlukan sebuah kurikulum. Di Indonesia Kurikulum sudah mengalami banyak perubahan, kurang lebih 11 kali setelah kemerdekaan. Kurikulum yang terbaru adalah Kurikulum 2013 yang serempak dilaksanakan mulai tahun 2014/ 2015. Pada tahun ajaran sebelumya Kurikulum 2013 hanya diterapkan di beberapa sekolah pilihan. Seiring dengan bergantinya menteri pendidikan dan banyak sekolah yang belum siap menerapkan Kurikulum 2013 maka lahirlah peraturan pemerintah yang terbaru Permendikbud No. 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan KTSP dan Kurikulum 2013. Pada penerapan Kurikulum 2013 ini mata pelajaran IPS harus dilaksanakan terpadu, tetapi masih banyak guru yang mengajarkannya secara terkotak-kotak. Seperti halnya dengan guru IPS di SMP Negeri 15 Malang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana pemahaman guru terhadap tujuan, isi, pembelajaran dan evaluasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS?; (2) Bagaimana penerapan isi , pembelajaran dan evaluasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS?; (3) Kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam penerapan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS?.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMP Negeri 15 Malang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sumber data sekunder Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara triangulasi dan menggunakan bahan reverensi. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemaham guru mengenai tujuan, isi, pembelajaran dan evaluasi Kurikulum 2013 baik karena guru mampu mejelaskan sesuai dengan dokumen Kurikulum. Untuk penerapan isi, Mata Pelajaran IPS diajarkan secara terpadu dengan tema mengacu pada buku pemerintah, sedangkan penerapan pembelajaran menggunakan pembelajaran saintifik walaupun belum semua guru menerapkan, dan penerapan evaluasi tidak dilaksanakan dalam setiap kali pertemuan. Kendala yang dihadapi guru yaitu dalam hal penilaian yang banyak formatnya serta pembelajaran IPS yang diajarkan secara terpadu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan guru harus rajin untuk belajar mengenai Kurikulum 2013. Sekolah mampu menerapkan kurikulum 2013 secara optimal dengan cara pelatihan guru di sekolah selain dari pemerintah. Bagi peneliti selanjutnya disarankan merancang dan melaksanakan penelitian mengenai penerapan Kurikulum 2013 dengan membandingkan beberapa sekolah.