Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah Sumengko Kalitidu Bojonegoro

Main Author: UMMU IFFATI A'YUNIN; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Prodi Pendidikan IPS - Fakultas Ilmu Sosial UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Pend-IPS/article/view/49480
Daftar Isi:
  • ABSTRACT A’yunin, Ummu I. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata PelajaranIPS di MTs Nurul Hidayah Sumengko Kalitidu Bojonegoro. Skripsi. ProdiPendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.Pembimbing : I) Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph. D; II) Drs. Soetjipto,S.H., M.Pd. Kata Kunci : Picture and Picture, Minat belajar, Hasil Belajar, IPSSalah satu prinsip pendidikan adalah diselenggarakan sebagai prosespembudayaan dan pemberdayaan siswa yang berlangsung sepanjang hayat. Prosespembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif,inspiratif, dan menyenangkan sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisikserta psikologis siswa (Majid, 2013: 37). Berdasarkan hasil observasi danwawancara diperoleh informasi bahwa model pembelajaran Picture and Picturebelum pernah diterapkan, media pembelajaran belum digunakan secara maksimal,siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran IPS berdasarkan hasil angket prapenelitian, hasil belajar siswa masih rendah yang dibuktikan dengan hasil UjianTengah Semester I. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (ClassroomAction Research) dengan dua siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuanmemperbaiki praktek pembelajaran dan meningkatkan minat dan hasil belajarsiswa. Bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah penelitiantindakan kelas kolaboratif. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi,angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaranPicture and Picture pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs. Nurul Hidayahberjalan dengan sangat baik. Rata-rata nilai kemampuan guru dalam menerapkanmodel pembelajaran Picture and Picture mengalami peningkatan sebesar 4,76dari siklus I ke siklus II. Sedangkan rata-rata kemampuan siswa dalammenerapkan model pembelajaran Picture and Picture mengalami peningkatansebesar 7,81. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapatmeningkatkan minat belajar siswa. Minat belajar siswa mengalami peningkatansebesar 10,35 % setelah diterapkannya model pembelajaran Picture and Picture.Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada ranah afektif dan kognitif. Pada ranah afektif, sikap sosialsiswa mengalami peningkatan sebesar 10,33 dan pada ranah kognitif mengalamipeningkatan sebesar 7,2. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan, yaitu penerapan modelpembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran IPS kelas VIII berjalandengan sangat baik. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapatmeningkatkan minat belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Picture andPicture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan kognitif.Disarankan untuk siswa lebih teliti dalam memasangkan gambar pada modelpembelajaran Picture and Picture. Bagi peneliti selanjutnya untuk melakukanpenelitian pada tema pembelajaran lain dengan ranah yang sama dengan penelitian ini, yakni afektif dan kognitif.