PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN KAKU(RIGID PAVEMENT) STA 13+900 - STA 20+500 PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL GEMPOL – PASURUAN SEKSI II

Main Author: Nader Achmad Sabban
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Tugas Akhir Jurusan Teknik Bangunan - Fakultas Teknik UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-Bangunan/article/view/71560
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Jalan Tol Gempol - Pasuruan merupakan jalur padat bagi kendaraan angkutan, industri, maupun pribadi maka dalam perencanaan tebal perkerasan harus lebih cermat dalam perhitungan.Dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis merencanakan perhitungan tebal perkerasan kaku yang diperlukan pada proyek jalan Tol tersebut sepanjang 6,6 km dari STA. 13+900 – STA 20+500. Dalam pembangunan jalan tol ini akan ditentukan berapa tebal perkerasan kaku dengan umur rencana 20 tahun. Data yang dibutuhkan antara lain tanah dasar, data lalu lintas, dan umur rencana. Proses perhitungan dapat dimulai dengan mengumpulkan data yang diperlukan, dilanjutkan menghitung tebal perkerasan, Metode NAASRA digunakan untuk perhitungan tebal perkerasan tersebut. Tujuandari perhitungan yang dilakukan untukmemperoleh tebal konstruksi lapisanperkerasan kaku (Rigid pavement)dengan menggunakan metode NAASRA dan tulangan yang digunakan. Hasil perhitungan yang diperoleh tebal lapis permukaan beton22,5 cm dan tebal lean concrete 10 cm. Tulangan dowel diameter 29 mm panjang 400 mm, jarak spasi antar dowel 30 cm dan untuk tie bar diameter 12 mm panjang tie bar 750 mm dan jarak antar spasi tie bar 90 cm. Dengan demikian, laporan akhir ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam suatu perencanaan perkerasan kaku.