Pendekatan Analisis Sistem Causal Loop Diagram (Cld) dalam Memahami upaya Pemerintah Meningkatan Akses Masyarakat terhadap Pendidikan Tinggi yang Berkualitas

Main Author: Abdullah, Abdul Haris
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: IAIN Manado , 2018
Online Access: http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/573
http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/573/476
Daftar Isi:
  • Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Total jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2005 adalah sebesar 213.375.287 jiwa. Jumlah penduduk usia 0-19 tahun adalah sebesar 81.762.113 jiwa dengan rincian 41.882.482 jiwa adalah anak laki-laki dan 39.879.631 adalah anak perempuan. Dengan kata lain, anak usia 0-19 tahun memiliki proporsi sebesar 38,32 persen bila dibandingkan dengan keseluruhan populasi penduduk. Usia 19 tahun adalah adalah usia produktif sekaligus masalah. Setiap tahun sekolah lanjutan atas baik SMU maupun SMK sederajat meluluskan siswanya sebanyak dengan jumlah yang terus meningkat. Dari keadaan ini sedikitnya para lulusan tersebut memiliki kehendak melanjutkan studi kejenjang pendidikan tinggiKata Kunci: Causal Loop Diagram, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Nasional